Senin, 30 November 2015

TUGAS PERENCANAAN BISNIS

PERENCANAAN BISNIS

PENDAHULUAN

1.1      Nama dan Alamat Usaha
Nama    : Usaha KIPIK SINGKONG JUBA(Keju Balado)
Alamat   : Jl. Margonda Raya, Depok

          Nama dan Alamat Pemilik
Nama      : Cahya Wilanisa
Alamat   : Jl. Kebagusan 1 RT. 006/01 No.50 Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan Kode Pos. 12520


1.2      Informasi Usaha

Usaha KRIPIK SINGKONG JUBA ini terbuat dari bahan dasar singkong yang berkualitas baik, harga singkong pun juga sangat terjangkau. Singkong tersebut diolah dengan tambahan bumbu-bumbu perasa, seperti rasa keju dan rasa balado. Bumbu-bumbu tersebut jika dipadukan dengan singkong akan terasa lezat.KRIPIK SINGKONG JUBA ini disajikan di dalam kertas pembungkus sehingga efisien saat di bawa pulang, dan konsumen menjadi mudah memakan KRIPIK SINGKONG JUBA ini.


1.3      Latar Belakang
      Saya memilih usaha dibidang makanan ringan seperti KRIPIK SINGKONG JUBA karena terbuat dari bahan dasar singkong yang harganya terjangkau. Selain itu singkong juga dikenal makanan khas Indonesia. Singkong pun dikenal di berbagai kalangan masyarakat, mulai dari kalangan ekonomi menengah kebawah hingga kalangan ekonomi menengah atas.
     Singkong yang disajikan ini diberi bumbu perasa. Ada yang rasa keju dan rasa balado yang pastinya cocok jika dipadukan dengan singkong tersebut.
Singkong dikenal sebagai makanan pokok karena memiliki kandungan karbohidrat yang besar sehingga bisa sebagai pengganti nasi. Namun, saya membuat variasi produk dari singkong tersebut. Singkong yang saya olah berbentuk bulat dan kotak.
Dan saya menyajikan KRIPIK SINGKONG BAJU ini dengan porsi yang cocok sebagai cemilan, sehingga pas untuk mengganjal perut yang memiliki cita rasa yang lezat



1.4        Visi

Adapun visi dari usaha ini adalah :
·        Memperkenalkan produk kepada teman dan masyarakat  sekitar
·        Menjadikan KRIPIK SINGKONG JUBA menjadi salah satu makanan yang disukai
·        Membuat inovasi baru dalam dunia makanan cepat saji
·        Menciptakan resep baru dalam dunia kuliner

Misi

Adapun misi yang akan dilakukan dalam usaha ini adalah :
·      Meramaikan pasar perdagangan di Indonesia
·      Memberi pelayanan dengan ramah dan baik kepada para pelanggan
·      Selalu memberikan kualitas dan kuantitas KRIPIK SINGKONG JUBA yang terbaik
·      Menjadikan usaha ini nantinya sebagai usaha yang terkemuka dan maju


1.5      Tujuan

Adapun maksud didirikannya usaha KRIPIK SINGKONG JUBA ini bertujuan   
Untuk:
·         Menjadikan STIK SI~NGKONG menjadi salah satu makanan favorit di semua kalangan.
·         Untuk memperoleh tambahan uang saku, dengan membuka usaha ini saya tidak perlu lagi meminta tambahan uang jajan kepada orang tua.
·         Mengembangkan jiwa wirausaha, dengan membuka usaha ini jiwa wirausaha akan berkembang dan terasah.
·         Dapat memenuhi dan memberi kepuasan kepada pelanggan, jika pelanggan terlihat senang, maka kebutuhan sudah terpenuhi.
·         Mempraktekan ilmu yang telah di dapatkan di sekolah tentang bagaimana menjadi wirausaha yang baik.
·         Menjadikan inspirasi dan inovasi baru dalam dunia kuliner


1.6      Aspek Manajemen

Jumlah Karyawan          : 3 Orang
Pengolah Makanan         : Ira & Imam
Pengolah Keuangan       : Wila

ANALISIS USAHA


2.1            Produk yang dihasilkan

         Produk yang dihasilkan KRIPIK SINGKONG JUBA dibuat hanya satu jenis produk, dengan rasa yang berbeda-beda. Maka daftar produknya adalah sebagai berikut:

No
Nama Produk
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
1
Kripik Singkong keju
50 porsi
Rp. 4000
Rp. 200.000
2
Si~ngkong BBQ
50 porsi
Rp. 4000
Rp. 200.000
TOTAL
Rp. 400.000

2.2     Rencana produksi
Ø Bahan baku dan peralatan
o   Daftar bahan baku
Diperlukan bahan baku seperti:
a.       Singkong kualitas baik
b.      Bumbu rasa keju
c.       Bumbu rasa balado

o   Daftar peralatan
Peralatan yang dibutuhkan antara lain:
a.       Pisau                                                    g.   Saringan
b.      Baskom                                               h.    Etalase grobak
c.       Kompor gas                                         i.    Bangku plastik
d.      Tabung gas                                          j.     Sodet
e.       Penggorengan
f.       Capitan








Ø Cara pembuatan:

Berikut ini adalah cara pembuatan:
a)      Singkong kualitas baik dikupas kulitnya, kemudian cuci bersih dan tiriskan di baskom
b)      Singkong selanjutnya di potong berbentuk bulat dan kotak
c)      Rebus singkong hingga setengah matang, lalu timbang sesuai porsi dan simpan di plastic bening



Ø  Cara penyajian:
Berikut ini adalah cara penyajian:
a)      Singkong yang setengah matang tersebut digoreng hingga matang, lalu tiriskan dari minyak
b)      Masukan di kertas pembungkus. Kemudian di campur dengan bumbu perasa sesuai pesanan
c)      Mix singkong dan bumbu tersebut dengan cara di shake
d)     Sajikan pada pelanggan dengan tambahan senyum yang ramah

                                               






                     RENCANA PEMASARAN


  1. Penetapan harga

Harga yang ditetapkan untuk satu porsi KRIPIK SINGKONG JUBA adalah Rp.4000. harga tersebut sudah diperhitungkan sesuai dengan harga bahan pokok beserta pelengkap, biaya-biaya, dan keuntungan yang di harapkan. Untuk satu porsi KRIPIK SINGKONG JUBA ini mendapatkan laba sebesar Rp. 1.150

  1. Promosi yang dilakukan

Untuk menarik minat konsumen dalam usaha dibutuhkan sebuah promosi. Promosi yang saya lakukan dalam memasarkan produk antara lain :
1.      Dengan cara dari mulut ke mulut
    1. Dengan melakukan promosi di dunia maya seperti, facebook, twitter, blogger dan sebagainya
    2. Menyebarkan brosur
Melalui media tersebut, para calon konsumen akan penasaran dengan KRIPIK SINGKONG JUBA yang lezat.

  1. Pengembangan produk

Untuk mendapatkan pelanggan tetap sangatlah sulit. Untuk mengatasinya maka KRIPIK SINGKONG JUBA akan melakukan pengembangan produk dengan cara menambah variasi rasa dari rasa STIK KRIPIK SINGKONG JUBA tersebut. Sehingga membuat pelanggan penasaran dan ingin mencoba rasa baru tersebut.

  1. Target pasar

Target pasar yang dituju adalah semua kalangan masyarakat disekitar tempat KRIPIK SINGKONG JUBA. Mulai dari kalangan menengah bawah hingga kalangan menengah atas. Dan mulai dari anak-anak, remaja, serta orang tua pun kami garap, sehingga menjadikan peluang dalam memasarkan produk.

Slogan Usaha

Makanan Lezzat, Memikat Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar