Kamis, 14 Desember 2017

Pentingnya Mata Kuliah Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu tentang cara mengendalikan dan menyalurkan sumber daya yang ada di sekitar kita. Asal kata ekonomi diambil dari istilah Yunani "oikonomia" yang memiliki arti cara mengelola pekerjaan-pekerjaan rumah tangga dan tugas administrasi. Ekonomi baru menjadi jurusan yang berdiri sendiri pada akhir abad ke-19, dimana Ilmu Ekonomi dipisahkan dari pelajaran Ilmu Politik.
Ilmu Ekonomi dibagi menjadi dua bagian besar; Mikro Ekonomi dan Makro Ekonomi. Mikro Ekonomi terpusat pada pasar individu beserta struktur dan para pemain kuncinya, sedangkan Makro Ekonomi membahas mengenai Ilmu Ekonomi baik dalam skala nasional maupun internasional.
Ilmu Ekonomi selalu menjadi ilmu yang menarik. Perekonomian dunia yang selalu diwarnai dengan berbagai tantangan membuat perusahaan-perusahaan untuk merekrut lulusan dengan pengetahuan ekonomi yang lebih mendalam.
Dalam Perguruan Tinggi terdapat Fakultas Ekonomi, yang pada dasarnya Fakultas Ekonomi  (FE) ini terbagi menjadi 3 jurusan, yaitu Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. ketiga jurusan ini mempunyai fokusnya masing-masing, dan keahlian yang ditekankan di setiap jurusan juga berbeda-beda.

Jurusan Ilmu Ekonomi secara umum ada 7 pilihan konsentrasi studi, yaitu : Ekonomi Internasional, Ekonomi Publik, Ekonomi Regional, Ekonomi Moneter, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Industri, Ekonomi Sumber Daya Alam & Lingkungan, Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jurusan Manajemen ada beberapa konsentrasi, umumnya seperti Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Sedangkan jurusan Akuntansi ini terbagi menjadi 5 konsentrasi, yaitu : Akuntansi Keuangan, Manajemen Akuntansi, Sistem Informasi, Perpajakan, Audit. Selain studi tersebut dalam Fakultas Ekonomi juga terdapat studi atau matakuliah Bahasa Inggris. Apa sih pentingnya matakuliah Bahasa Inggris dalam Fakultas Ekonomi ?
Di zaman sekarang ini batas antar Negara menjadi sempit bahkan hilang dengan sendirinya. Majunya teknologi modern semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan orang di belahan dunia lainnya. Meskipun begitu hal ini menyebabkan suatu masalah yaitu perbedaan bahasa antara yang satu dan yang lainnya, sehingga diperlukan bahasa universal yang dapat dikuasai oleh banyak orang. Salah satu dari bahasa universal itu adalah bahasa inggris.
Pada era globalisasi modern seperti sekarang ini bahasa inggris sudah bukan lagi menjadi bahasa universal saja, tetapi menjadi salah satu kemampuan penting yang wajib dimiliki jika ingin mampu bersaing dengan orang lain. Indonesia sebagai salah satu negara dengan potensi ekonomi yang sangat besar didunia mengundang minat dari berbagai lembaga ekonomi dan korporasi negara lain untuk melebarkan pasarnya. Bahkan banyak pakar ekonomi yang memprediksi bahwa Indonesia akan mampu menjadi pengendali perekonomian di Asia bersama China dan India. Kita masyarakat Asean akan menghadapi revolusi besar dalam dunia perkonomian yaitu MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Indonesia sendiri memiliki salah satu nilai lebih tersendiri dalam bersaing dengan negara ASEAN lainnya yaitu populasi penduduk yang sangat besar. Namun hal ini tidak diimbangi oleh kemampuan sumber daya manusia yang tinggi, terutama dalam teknologi dan kemampuan berkomunikasi. Jika Anda ingin mampu bersaing dengan orang lain tak hanya dari masyarakat ASEAN maka Anda perlu sesegera mungkin meningkatkan kemampuan komunikasi dengan mempelajari bahasa universal yaitu bahasa inggris.
Rhenald Kasali dalam salah satu publikasinya menyebutkan bahwa bahasa inggris sekarang ini telah menjadi salah satu bahasa dagang yang penting. Hal ini dapat Anda lihat bahwa seorang pebisnis yang memiliki kemampuan multi bahasa yang baik mampu memasarkan produknya  dalam cakupan wilayah yang luas daripada yang tidak. Selain itu kebanyakan orang yang mampu multi bahasa adalah orang yang intelek, mereka memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat dalam setiap masalah.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Bahasa Inggris merupakan hal yang wajib dan mutlak untuk dipelajari dan menjadi mata kuliah di semua jurusan dan jika kita ingin bersaing dengan pada dunia kerja di era ekonomi modern. Jangan hanya mampu bertindak sebagai konsumen dalam era ekonomi modern, tapi kita juga harus mampu sebagai produsen yang menghasilkan suatu karya yang diminati oleh banyak orang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar